PENYETAN AYAM BAKAR



Bismillah

Percaya deh, walau saya penggemar berat brownies, pasta dan keju, tapi lidahnya tetep lidah Indonesia. Buktinya saya cinta banget ama sambal terasi dan menu penyetan hahaha. Bagi saya menu penyetan adalah salah satu menu penggugah selera, baik itu penyetan ayam, tempe, lele atau bahkan telur. Dimakan dengan nasi hangat, lalapan dan krupuk...Masya Allah nikmatnyaa. Kalau saya sarapan dengan menu penyetan ini, dengan tempe atau telur penyet..bisa pake acara nambah hahaha. Entah lah itu porsi sarapan atau makan siang >.<

Biasanya kalau penyetan ayam tuh pakenya ayam goreng. Bayangin aja deh ayam goreng panas yang baru diangkat dari wajan, dipenyet di atas sambal super pedes. Duuuh...nikmat banget. Tapi kali ini saya gak bikin penyetan ayam goreng, melainkan penyetan ayam bakar. Ungkepan ayam bakarnya juga sesuai dengan favorit keluarga saya yaitu ungkepan bacem. Truus...sambal terasinya juga ada "secret ingredients" yang tambah bikin mantap. Aneh dan gak matching? Gak juga tuh, bagiku cocok dan nikmat-nikmat aja.  Belum percaya kalau belum nyobain kan ^^

Eh ya mumpung ingat...mohon maaf ya untuk teman-teman yang sudah komen di blog tapi belum bisa saya reply. Komennya sudah saya publish tetapi ketika saya ingin membalasnya, yang muncul di monitor hanya putih aja huhuhu. Udah dicoba beberapa kali tetep aja gitu. Semoga secepatnya bisa diatasi dan in shaa Allah segera dibalas komennya. 




PENYETAN AYAM BAKAR ALA BACEM

Bahan :
1 ekor ayam ukuran sedang, potong sesuai selera
(lebih enak pakai ayam kampung, tapi pakai ayam broiler juga oke)
750 ml air kelapa atau bisa dimix air biasa
2 helai daun salam
2 batang serai, ambil bagian putihnya dan memarkan
3 cm lengkuas, memarkan
1-2 sdt air asam jawa
garam dan gula pasir secukupnya

Bumbu Halus :
8 butir bawang merah
6 siung bawang putih
2 sdt ketumbar
100 gr gula merah

Cara Membuat :
1. Letakkan potongan ayam di wajan, tambahkan bumbu halus, daun salam, lengkuas dan serai kemudian tuang air kelapa.
2. Masak hingga mendidih kemudian tambahkan air asam jawa dan bumbui garam serta gula pasir.
3. Masak hingga bumbu meresap dan air menyusut. Matikan api.
4. Panggang ayam di atas bara api atau oven (saya pakai multi pan) hingga kecoklatan. Angkat

Naah...apakah "secret ingredients" dari sambal terasinya? Jawabnya adalah wijen. Awalnya saya juga heran, kok bisanya wijen dipakai untuk sambal terasi. Ternyata ini adalah hasil "interview" mbak Eliza Setiawan dengan penjual pecel lele lho hihihi. Setelah dicobain ternyata enaak. Bikin sambal tuh pastinya menyesuaikan selera pedas masing-masing ya. Kalau bikin sambal terasi juga menyesuaikan terasi yang kita pakai, karena terasi itu kan macam-macam. Ada yang kalau bikin sambal terasi hanya memakai bawang putih, tapi ada juga yang memakai bawang merah. Monggo disesuaikan aja.

SAMBAL TERASI

Bahan :
7 cabe merah / cabe keriting
5 cabe rawit
3 siung bawang putih
2 butir bawang merah
1 buah tomat ukuran sedang
1 sdt terasi bakar
1 sdt gula merah
1/2 sdt garam
1 sdt wijen yang disangrai hingga berubah warna
minyak secukupnya

Cara Membuat :
1. Goreng cabe merah, cabe rawit, bawang merah dan bawang putih. Angkat dan tiriskan.
2. Haluskan semua bahan kemudian tuang sedikit minyak. Aduk rata
---> bila suka bisa diberi perasan air jeruk limau

PENYELESAIAN
1. Letakkan sambal di wadah, letakkan ayam di atasnya kemudian penyet perlahan.
2. Sajikan dengan nasi hangat dan lalapan

Menu yang nikmat itu tidak selalu mahal. Menu sederhana yang sesuai dengan selera keluarga...itu yang nikmat. Alhamdulillah
Selamat mencoba



0 Response to "PENYETAN AYAM BAKAR"

Post a Comment

wdcfawqafwef