PUDING COKLAT ROTI TAWAR






Bismillahirrohmanirrohim

Alhamdulillah...bisa posting lagi. Inet lagi gak bersahabat, jadinya males posting karena lemot banget jaringannya. In shaa Allah malam ini saya juga akan balas komen-komen di blog ya. Moga koneksi lancar jaya hihihi. Sebelum cerita tentang puding coklat roti tawar, saya mau cerita dulu nih tentang tulisan. Tulisan apa hayooo? Alhamdulillah...saya sering menerima SMS atau WA dari teman-teman pembaca blog saya. Kalau memang bisa segera saya balas, in shaa Allah pasti langsung dibalas. Tapi jujur ada kalanya saya malas membalasnya, terutama SMS karena isinya penuh dengan singkatan-singkatan dan bahasa yang tidak saya mengerti huhuhu. Maafkan...saya cuma ibu-ibu yang sama sekali gak gaul dan tidak paham dengan beragam singkatan yang sedang nge-trend sekarang ini. Kadang beberapa kali saya baca biar ngerti...eh tetap aja saya gak ngerti artinya. Jadi...buat teman-teman yang SMS atau WA saya, dengan tidak mengurangi rasa hormat saya, tolong pakai tulisan yang sewajarnya saja ya dan pada jam yang tepat, jangan tengah malem nanya resep heuheuheu. Kalaupun disingkat, ya dengan singkatan yang umum-umum saja karena beneran saya puyeng bacanya. Harap maklum yaa...nasib emak-emak gak gaul nih hihihi.
Udah ya curhatnya...mohon maaf karena curhat hal-hal seperti ini di blog.

Sekarang balik ke puding lagi aja ya. Ini adalah puding coklat roti tawar yang saya buat beberapa waktu yang lalu. Musim hujan bikin puding? Gak apa-apa deh ya, maklum saya lagi males baking, jadi yang paling gampang ya bikin puding aja buat camilan hehehe. Saya pakai loyang silikon dan ternyata hasilnya masih aja gak mulus. Setelah sharing dengan beberapa teman, ada beberapa tips yang saya dapat agar pudingnya bisa mulus yaitu loyang silikonnya tidak usah dibasahi air, loyangnya direndam air dahulu dan juga di sekitar loyang diletakkan es batu. In shaa Allah lain kali dicobain deh tips-tipsnya biar pudingnya bisa muluus.

Puding coklat roti tawar ini sebenarnya hampir sama dengan puding marmer roti tawar yang dulu pernah saya posting. Bedanya yang ini full coklat dan saya tambahkan dark cooking chocolate di dalam adonannya. Seperti halnya puding yang memakai roti tawar, tekstur puding ini juga padat dan mengenyangkan. Kalau saya sih suka, apalagi yang versi coklat gini. Lebih enak bila disajikan dengan vla vanilla. Sayangnya saya mah males bebikinan vla, jadi lagi-lagi pudingnya tanpa vla hehehe.

PUDING COKLAT ROTI TAWAR

Bahan :
6 lembar roti tawar tanpa kulit
1 liter susu
400 ml air
2 bungkus (@7 gr) agar-agar plain
225 gr gula pasir atau sesuai selera
1/4 sdt garam
100 gr dark cooking chocolate, lelehkan
1 sdt pasta coklat (optional)

Cara Membuat :
1. Potong-potong roti tawar dan blender dengan sebagian susu hingga lembut.
2. Campur agar-agar, gula pasir dan garam kemudian tuang air dan sisa susu. Aduk hingga rata.
3. Tuang campuran roti tawar kemudian masak dengan api sedang sambil diaduk.
4. Tuang coklat leleh, masak hingga mendidih. Adonan akan mengental.
5. Matikan api, biarkan uap panasnya hilang dan tuang pasta coklat. Aduk hingga rata.
6. Tuang ke dalam cetakan dan biarkan hingga set. Dinginkan di kulkas.




Gampang banget deh bikinnya dan anti gagal pastinya. Bisa jadi salah satu variasi puding untuk keluarga di rumah.
Selamat mencoba ^^

1 Response to "PUDING COKLAT ROTI TAWAR"

  1. Bun, biarkan hingga set itu maksudnya apa ya ? Baru tahu ada kata set hehe. Makasih.

    ReplyDelete

wdcfawqafwef