CREAM SOUP



Bismillahirrohmanirrohim

Cream soup adalah salah satu menu favorit anak-anak. Tak heran kalau kayanya dalam sebulan saya bisa 2-3x bikin cream soup. Biasanya cream soup dinikmati dengan roti tawar yang sudah di toast atau dipanggang dan dipotong kecil-kecil. Digadoin gitu aja juga udah enak. Kalau lagi rajin atau punya stok puff pastry, bisa diolah lagi menjadi zuppa soup. 

Untuk membuat cream soup yang enak, menurut saya ada beberapa cara. Ada yang menggunakan kaldu, cooking cream, kentang kukus dan juga susu evaporasi. Saya biasanya hanya menggunakan kaldu dan memakai terigu atau kentang kukus sebagai pengental. Kalau suka cream soup yang "creamy" bisa menggunakan susu evaporasi atau cooking cream. Enak yang mana? Menurut saya semua enak hehehe. Tinggal disesuaikan aja dengan selera keluarga. 




Kebetulan kemarin saya ada urusan kerjaan ke luar kota dan anak-anak tidak ikut karena harus sekolah. Jadi pagi-pagi saya harus sudah selesai menyiapkan menu makan siang dan cemilan mereka. Salah satunya adalah cream soup ini. Karena lagi keburu-buru, saya pakai resep yang paling praktis, yaitu memakai kaldu dan terigu sebagai pengental. Kebetulan sehari sebelumnya saya sudah membuat kaldu dan disimpan di freezer, jadi malamnya saya tinggal mengeluarkannya dan pas subuh sudah siap untuk digunakan. Air kaldu dibuat dengan cara merebus tulang-tulang ayam menggunakan api kecil hingga mendidih. Setelah selesai bisa disaring dan siap digunakan atau disimpan.

Isian cream soup juga suka-suka saya aja, maksudnya menyesuaikan bahan yang ada di kulkas. Kali ini saya hanya memakai ayam, jamur dan telur kocok. Bisa juga memakai jagung manis pipil, smoked beef, sosis atau dengan tambahan wortel atau buncis yang dipotong kecil. Semuanya balik lagi yaa...sesuaikan selera keluarga dan stok bahan hehehe.


CREAM SOUP

Bahan :
3 sdm margarin
4 sdm tepung terigu
1 butir bawang bombay ukuran sedang, cincang halus
2 siung bawang putih, memarkan
1 liter air kaldu
300 gr fillet ayam, potong dadu kecil dan tumis sebentar, cukup hingga berubah warna
10 butir jamur champignon, belah 3
1 butir telur kocok lepas
2 sdt garam (atau sesuai selera)
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt gula pasir
1 butir pala, parut

Cara Membuat :
1. Panaskan margarin, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum.
2. Masukkan tepung terigu, aduk-aduk hingga berbulir-bulir.
3. Masukkan air kaldu sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga teksturnya halus.
4. Masukkan tumisan ayam dan jamur kemudian bumbui dengan pala, garam, gula pasir dan merica bubuk. Masak hingga meletup-letup. Test rasa hingga sesuai selera.
5. Masukkan kocokan telur, aduk cepat hingga berserabut dan biarkan mendidih sekali lagi.
6. Angkat dan sajikan hangat.






Alhamdulillah...selalu jadi favorit anak-anak. 
Selamat mencoba...semoga bermanfaat ^^

0 Response to "CREAM SOUP"

Post a Comment

wdcfawqafwef