BROWNIES KUKUS COKLAT NCC



Bismillahirrohmanirrohim

Gak kerasa udah postingan ke 800 aja. Walau banyak postingan yang gak penting hihihi.
Pastinya udah pada tau kan resep brownies kukus coklat NCC yang sudah kesohor itu. Pastinya juga udah banyak yang nyobain resepnya bahkan jadi resep andalan. Kalau saya...belum pernah nyobain. Halooo...kemana aja buk? hihihi. Beneran deh, ini pertama kali saya nyobain resep brownies kukus coklat NCC. Dulu waktu saya masih rajin jualan, brownies kukus adalah salah satu best seller di Dapur Nays. Alhamdulillah dulu seriiing banget bikin browkus, tapi saya selalu memakai resep dari Ny. Liem. Karena udah banyak customer yang cocok, jadi saya setia banget deh pakai resep itu. Dan karena dulu sering banget bikin pesanan browkus, jadinya udah gak kebayang bikin pakai resep yang lain. Naah...sekarang ini disaat udah gak aktif jualan, saya sempatkan mencoba resep browkus coklat NCC. Resepnya sebenarnya mirip-mirip kok dengan resep ala Ny. Liem.

Aslinya browkus coklat NCC ini dibuat berlapis-lapis dengan menggunakan meises atau bisa juga menambahkan susu kental manis pada adonan pelapis. Kali ini saya buat memakai aneka loyang, jadi saya gak bikin berlapis-lapis. Sebagai pemanis, saya memakai coretan white cooking chocolate sebagai topping.  Seperti biasa kalau membuat browkus saya selalu memakai coklat bubuk yang berwarna hitam pekat, sehingga browkusnya juga hitam warnanya. Untuk membuat cake kukus, saya lebih senang memakai minyak goreng karena teksturnya jadi lebih lembut. Jadi kali ini saya mix butter dan minyak goreng. Resep asli NCC bisa dilihat disini dan saya hanya membuat 1/2 dari resep asli.






BROWNIES KUKUS COKLAT NCC

Bahan A :
6 butir telur
225 gr gula pasir
1/2 sdt emulsifier
1/8 sdt garam

Bahan B :
35 gr coklat bubuk
150 gr tepung terigu
1/2 sdt vanilla

Bahan C :
100 ml minyak sayur kualitas baik
50 gr butter
100 gr dark cooking chocolate (DCC), cincang
1 sdt pasta coklat (optional)

Cara Membuat :
1. Panaskan kukusan, siapkan loyang, oles margarin atau minyak, alas kertas roti dan olesi lagi. Saya memakai loyang kecil-kecil dan cukup dioles minyak goreng.
2. Bahan C : tim butter dan DCC hingga leleh. Matikan api, tuang minyak goreng dan aduk hingga rata.
3. Kocok bahan A hingga mengembang dan kental berjejak. Masukkan bahan B dengan cara diayak dan diaduk rata.
4. Tuang bahan C, aduk balik hingga tercampur rata.
5. Tuang adonan ke dalam loyang kemudian kukus dengan api sedang hingga matang. Lakukan test tusuk ya.
6. Angkat dan dinginkan.

Notes :
- Penggunaan emulsifier bisa diskip asal kocokan telur benar-benar bisa kental berjejak. Kocokan telur yang kental berjejak tanpa emulsifier bisa didapatkan bila kita menggunakan telur yang fresh.
- Bila tidak memakai emulsifier, disarankan adonan tidak menunggu atau langsung dikukus semuanya ya.




Teksturnya lembut dan nyoklat tentunya. Saya suka sekali dengan perpaduan butter dan minyak goreng. Dapat aromanya dari butter dan tetap lembut karena memakai minyak goreng. Paaas banget deh.
Lucu juga kan kalau dicetakan menggunakan loyang kecil-kecil gini. Makan 1 udah cukup kenyang lho.

Selamat mencoba....Happy Steaming ^^

0 Response to "BROWNIES KUKUS COKLAT NCC"

Post a Comment

wdcfawqafwef