BANANA CAKE AGAIN



Bismillah

Akhirnya saya sempatkan juga membuat banana cake request pak suami. Beberapa waktu yang lalu kan memang request banana cake dan karena pisangnya belum terlalu matang, akhirnya saya bikin muffin heheheh. Setelah pisangnya sudah benar-benar matang, baru deh saya bikin banana cake ini. Sebenarnya tiap posting tentang banana cake, saya pasti bingung mau dikasih judul apalagi nih postingannya. Apalagi kalau banana cake-nya yang tanpa penambahan bahan lainnya seperti yang saya buat sekarang ini. Mungkin yang baca juga heran...banana cake lagi...banana cake lagi. Gimana donk, namanya juga favorit keluarga.

Banana cake ini, seperti biasa sangat mudah dibuat, bahan-bahannya juga cukup mudah. Pengennya sih saya buat juga chocholate icing untuk siramannya bahkan sempat terpikir juga membuat saus karamel. Tapi akhirnya saya gak bikin apa-apa dan banana cake ini dimakan "plain" gitu aja karena pak suami maunya tanpa siraman apa-apa. Hasilnya tetap enak, teksturnya moist dan juga legit. Paduan aroma pisang, gula palem dan kayu manis bubuk sudah terasa sedap, bahkan ketika cake ini masih berada di dalam oven.






Kunci banana cake yang enak tentu saja adalah penggunaan pisang yang benar-benar matang. Biasanya saya selalu memakai pisang ambon atau cavendish. Biar lebih enak, gunakan butter berkualitas tapi kalau mau pakai margarin it's oke. Tetep enaak.

BANANA CAKE

Bahan :
125 gr butter
200 gr gula pasir halus
50 gr gula palem
3 butir telur
250 gr tepung terigu protein sedang
1 sdt baking powder
1 sdt kayu manis bubuk
200 gr pisang, haluskan
150 ml buttermilk (bisa pakai susu UHT atau plain yoghurt)

Cara Membuat :
1. Panaskan oven 180'C, siapkan loyang, oles margarin dan taburi dengan terigu. Sisihkan.
2. Campur dan ayak tepung terigu, baking powder dan kayu manis bubuk.
3. Dalam suatu wadah, kocok butter, gula pasir halus dan gula palem hingga lembut kemudian masukkan telur satu persatu sambil terus dikocok.
4. Masukkan campuran terigu, kocok rata.
5. Masukkan pisang bergantian dengan buttermilk, aduk hingga rata. Jangan overmix ya!
6. Tuang ke dalam loyang dan panggang selama kurang lebih 40 menit, tergantung oven masing-masing. Lakukan test tusuk.
7. Angkat, keluarkan dari loyang dan dinginkan di atas cooling rack.




Udah yaa...gitu aja postingannya, saya mau bikin brownies (again!!) dulu hihihi. 

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Happy Baking ^^

0 Response to "BANANA CAKE AGAIN"

Post a Comment

wdcfawqafwef