IKAN KEMBUNG BAKAR SAMBAL KACANG



Bismillahirrohmanirrohim

Halo...kali ini saya posting salah satu menu makan favorit keluarga saya, yaitu ikan kembung bakar. Pak suami adalah penggemar olahan ikan dan ikan kembung ini termasuk yang sering saya olah karena memang kesukaan beliau. Paling sering memang bikin kembung bakar, mulai dari yang cuma digaremin aja kemudian dibakar, bumbu kecap bahkan bumbu pedas. Kali ini ikan kembungnya dibakar bumbu kecap dan ada sedikit rasa pedas. Kalau suka dengan rasa pedas yang heboh bisa ditambahkan lagi cabainya ya. Kebetulan kakak Naira juga suka sekali dengan ikan kembung bakar, jadi saya bikin dengan rasa pedas yang masih bisa ditolerir oleh kakak.

Untuk kembung bakar biasanya saya membuat sambal ala ibu mertua yang top enaknya. Saya gak ngerti nama sambalnya apa, jadi saya sebut aja sambal kacang karena memang memakai kacang. Jangan dibayangkan kalau sambalnya akan seperti bumbu pecel yang memakai kacang juga ya hihihi. Sambalnya berupa sambal iris yang terdiri dari bawang, cabai, tomat, kacang, kecap dan irisan daun jeruk. Rasanya unik dan yang pasti enaak.





Nah...ini dia sambal kacang-nya. Bikinnya gampang banget, cocok untuk disajikan dengan menu-menu olahan ikan bakar.




IKAN KEMBUNG BAKAR SAMBAL KACANG

Bahan :
3 ekor kembung ukuran sedang 
1 sdt garam
1 jeruk nipis, ambil airnya

Bumbu Bakar :
3 cabai merah
3 cabai rawit
7 butir bawang merah
3 siung bawang putih
2 sdt ketumbar
1 ruas jahe
1 sdt garam
1 sdt air asam jawa
5 sdm kecap manis
2 sdm minyak untuk menumis

Cara Membuat :
1. Bersihkan ikan dan kerat-kerat badannya kemudian lumuri dengan air jeruk nipis dan garam. Biarkan selama 30 menit.
2. Haluskan cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, ketumbar, jahe dan garam.
3. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum. Tambahkan air asam jawa, aduk hingga rata kemudian matikan api.
4. Tambahkan kecap manis, aduk rata.
5. Olesi seluruh permukaan ikan kembung dengan bumbu bakar dan biarkan 10 menit agar meresap.
6. Bakar ikan kembung di atas bara api atau multi pan dengan api kecil sambil dioles-oles dengan bumbu. Bakar hingga kedua sisinya matang, sambil terus dioles bumbu.
7. Angkat dan siap disajikan dengan sambal

SAMBAL KACANG

Bahan :
3 sdm kacang tanah goreng yang, uleg kasar
3 butir bawang merah, iris halus
1 buah tomat, potong dadu
5 cabai rawit, iris halus
3 helai daun jeruk, buang tulang daunnya dan iris halus
2 limau, peras airnya (lagi gak ada saya pakai jeruk nipis)
kecap manis secukupnya

Cara Membuat :
Aduk rata semua bahan, tambahkan kecap hingga kekentalan yang diinginkan.

Penyajian :
Tata ikan kembung di atas piring saji, siram dengan sambal kacang dan taburi dengan irisan daun jeruk
Siap disajikan dengan nasi hangat

Notes :
saya membakar ikan di atas grill atau memakai multi pan dengan menggunakan api kecil sehingga waktu pemanggangan lebih lama tetapi ikan dapat matang sempurna dan bumbu lebih meresap.






Alhamdulillah...bagi saya ini nikmat sekali. Termasuk golongan menu boros nasi deh hihihi. Selamat mencoba ya, semoga sesuai dengan selera keluarga. Seperti biasa, foto menjelang waktu makan siang tiba....gak kreatif banget hihihi. Harap maklum yaa

Happy Cooking


0 Response to "IKAN KEMBUNG BAKAR SAMBAL KACANG"

Post a Comment

wdcfawqafwef