VANILLA PEANUT BUTTER MUFFIN



Bismillah....

Sudah cukup lama saya tidak posting resep muffin ya. Jujur...saya lebih suka membuat cake yang langsung dituang ke loyang dan kemudian dipotong-potong daripada harus tuang menuang ke dalam cup case hehehe. Jadi saya lebih sering membuat cake dibanding cupcake atau muffin.
Vanilla peanut butter muffin ini saya buat kemarin setelah makan siang. Ketika matang, sudah mendung dan hujan deras. Alhamdulillah bisa untuk camilan di waktu hujan. Camilan berat ya kalau saya bilang, karena muffin memang teksturnya mengenyangkan.

Sebenarnya suami request banana cake, tapi pisang ambon yang ada di rumah masih belum terlalu matang. Jadi saya tawarkan membuat muffin aja, besok kalau pisangnya sudah benar-benar matang, baru deh eksekusi banana cake hihihi. Deal !!




Resep vanilla peanut butter muffin ini saya adapatasi dari resepnya ratu muffin kakak Eliza Setiawan. Beliau bikinnya pakai nutella, karena saya gak punya nutella jadi diganti pakai selai kacang aja. Makasiiih resepnya yaa.

VANILLA PEANUT BUTTER MUFFIN

Bahan :
50 gr unsalted butter
30 gr minyak sayur
100 gr gula pasir halus
120 ml buttermilk (bisa pakai susu cair)
1 butir telur ukuran besar, kocok lepas
190 gr tepung terigu serbaguna
1,5 sdt baking powder
1 sdt vanilla bubuk
1/2 sdt garam
selai kacang secukupnya

Cara Membuat :
1. Panaskan oven 180'C, siapkan cup case dan tata di loyang muffin. 
2. Aduk butter dan gula pasir halus hingga berwarna pucat. Masukkan minyak dan aduk lagi hingga tercampur rata.
3. Masukkan buttermilk dan telur. Aduk hingga rata.
4. Masukkan campuran terigu, baking powder, vanilla bubuk dan garam yang sudah diayak ke adonan bahan basah. Aduk rata menggunakan spatula, cukup hingga asal rata saja dan biarkan tetap bergerindil. Jangan overmix ya.
5. Tuang adonan hingga 1/2 cup, beri selai kacang dan tuang adonan lagi hingga 3/4 cup. Lakukan hingga habis.
6. Beri selai kacang di atasnya dan buat motif swirl menggunakan tusuk sate atau sumpit.
7. Panggang selama kurang lebih 25-30 menit hingga matang.
8. Angkat dan letakkan di cooling rack.






Selamat mencoba ....Happy Baking

0 Response to "VANILLA PEANUT BUTTER MUFFIN"

Post a Comment

wdcfawqafwef