MIE GORENG ASAM PEDAS ALA THAI



Just my simple dish, tapi percaya deh rasanya bikin ketagihan hihihi. Sebenarnya aku kurang suka memasak. Lebih menikmati baking dan membuat aneka jajanan. Tapi walau kurang suka memasak, aku dituntut untuk bisa memasak demi keluarga heheheh. Makanya harap dimaklumi kalau selama ini aku hanya bisa menyajikan simple menu untuk keluargaku. Yang penting apa yang kusajikan aman dan sesuai dengan selera keluarga.

Yaaah...kok malah curcol soal menu hihihi. Ini adalah salah satu menu simple yang kubuat kemarin. Special hanya untuk aku dan suamiku. Kakak Naira ikut makan sih, cuma dikit aja karna dia gak tahan pedesnya. Pake embel-embel special untuk aku dan suami ya karena mie goreng ini cukup pedas, setidaknya buat aku ya. Untuk tingkat kepedasannya bisa disesuaikan dengan selera masing-masing.
Actually...aku gak ngerti juga di Thai sono ada menu seperti ini atau gak hihihihi. Dinamakan mie asam pedas ala Thai karena memang memakai sambal Bangkok ^_^  Untuk pelengkapnya bisa disesuaikan dengan selera ya. Harusnya pakai bakso ikan lebih mantap nih, tapi karena gak punya ya...skip aja deh. Pakai yang ada di kulkas aja.

MIE GORENG ASAM PEDAS ALA THAI

Bahan :
250 gr mie kering
1 sdm minyak wijen
200 gr pokcoy (bisa pakai sawi hijau ya)
150 gr tauge, siangi
1 butir bawang bombay, iris halus
2 siung bawang putih, geprek dan cincang halus
200 gr udang kupas
100 gr fillet ayam, potong dadu kecil
1 batang kekian ayam
2 cabe rawit, iris-iris (sesuai selera)
100 ml sambal bangkok
2 sdm kecap manis
garam dan gula secukupnya
75 ml air kaldu
2 lembar daun bawang, iris
2 sdm minyak + 1 sdm margarin

Cara Membuat :
- Rebus mie kering hingga al dente (jangan terlalu lama ya), angkat dan tiriskan. Beri minyak wijen, aduk rata.
- Panaskan minyak dan margarin, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga layu dan harum.
- Masukkan udang, fillet ayam dan kekian. Aduk hingga berubah warna.
- Masukkan pokcoy dan tauge, aduk rata.
- Masukkan mie, sambal bangkok, kecap manis dan cabe rawit. Aduk rata.
- Tuang air kaldu sedikit demi sedikit, bumbui dengan garam dan gula. Test rasa.
- Masak hingga air meresap, tambahkan daun bawang.
- Angkat dan siap disajikan hangat.




Ampun deh, hanya memakai 3 cabe rawit tapi aku bisa bener-bener kepedesan >.<  Mau berhenti makan juga susah banget, karena enaaak. Tapi kalau gak pedas, ya namanya bukan mie goreng asam pedas ya. 
It's worth to try...enaak deh..

0 Response to "MIE GORENG ASAM PEDAS ALA THAI"

Post a Comment

wdcfawqafwef