GETHUK GULUNG



Gethuk merupakan salah satu jajanan tradisional yang berasal dari Jawa. Banyak sekali variasi gethuk yang dengan mudah dapat ditemui, antara lain adalah gethuk lindri, gethuk goreng Purwokerto (my fave's one), gethuk coklat dan lain-lainnya. Sedikit cerita tentang gethuk goreng, dulu banget waktu hamil Naira, aku sempat pengeeen banget ngerasainnya. Entah ngidam atau gak, soalnya juga sudah memasuki trimester ketiga tuh pengennya. Di tempatku tinggal tentu saja gak ada yang jual gethuk goreng dan terakhir kali aku makan gethuk tersebut saat aku ada kegiatan lab dengan teman-teman kampusku. Haduuh udah lama banget deh pokoknya. Jadi keliatannya selain memang pengen gethuknya, juga karena aku waktu itu kangen dengan teman-teman kuliah hihihi. Akhirnya aku bisa dapat juga lho gethuk gorengnya, karena kebetulan suamiku lagi mondar mandir ke Jakarta dan naik kereta api. Beli lah di saat kereta transit di Purwokerto. Hasilnya...anaknya gak ngileran kan heuheuheheu.

Kepanjangan ah cerita tentang gethuk gorengnya >.<  Kali ini aku membuat variasi gethuk yang digulung. Pernah liat Farah Quinn bikin gethuk gulung ini, dengan bahan-bahan yang memang cukup sederhana, yaitu singkong kukus yang dihaluskan dan dicampur dengan gula pasir, margarin, santan kental dan juga garam. Tapi sewaktu membuat gethuk gulung kemarin, sebelum aku tambahkan santan kental, gethuknya teksturnya sudah pas menurutku. Kalau ditambahkan santan kental lagi, takutnya nanti malah terlalu lembek. Jadi aku skip santan kentalnya. Resep di web Farah Quinn bisa dilihat disini.
Untuk membuat gethuk gulung ini, pastikan kita mengetahui tekstur singkong yang kita gunakan ya, jadinya nanti tidak terlalu lembek atau terlalu keras dan tentu saja bisa digulung dengan mudah.
Bentuk gulunganku sendiri masih jelek banget ya, belum bisa bulat.  Next time dicoba lagi.





Eh ya...divariasikan dengan rasa coklat, mocca, strawberry atau apapun yang disukai boleh juga lho. Karena aku pandan lovers ya tetap pakai yang pandan donk heheheh.




Gethuk gulung ini special untuk event NCC Jajanan Tradisional Indonesia Week.
And I've got the badge !!! Keren dan lucuu ya badge-nya ^_^



0 Response to "GETHUK GULUNG"

Post a Comment

wdcfawqafwef