CARROT MUFFIN



Beberapa waktu yang lalu bikin muffin lagi. Karena kebetulan punya wortel, jadinya dibikin muffin wortel aja alias carrot muffin. Dibikin untuk cemilan sore dan masih ada sisa untuk sarapan, tinggal menghangatkan sebentar saja....siap dinikmati deh.

Aku memakai base resep muffin tape yang sudah pernah kuposting beberapa waktu lalu, dengan modifikasi kembali sesuai kebutuhan. Misalkan saja susunya aku ganti dengan buttermilk dan sebagian gulanya aku memakai gula palem. Ditambahkan juga kayu manis bubuk sehingga aroma langu dari wortel tidak terasa.
Menurut hasil bertanya wikipedia, buttermilk sendiri adalah dari susu setelah bagian "butter" dikeluarkan, hal ini yang mengakibatkan kalau buttermilk lebih low fat dibandingkan susu (hadeeh..bahasanya gak karuan >.<). Buttermilk sebenarnya bisa dibeli jadi di supermarket besar, tapi aku sendiri belum pernah beli jadi. Selama ini selalu membuat buttermilk sendiri. Ada beberapa cara untuk membuat buttermilk, tapi aku memakai cara yang paling praktis yaitu dengan mencampurkan susu segar dengan sedikit air jeruk nipis/lemon atau bisa juga dengan cuka kemudian didiamkan sebentar hingga susu terlihat seperti susu basi. Nah...buttermilk siap digunakan.

Back to my muffin...,aku tetap memakai cara pemanggangan au bain marie abal-abal, yaitu dengan meletakkan loyang berisi air panas di rak bawah heheheh.
Untuk yang belum jelas membaca resep di foto berikut, nanti kutuliskan lagi yaaa...sekarang waktunya untuk bersih-bersih rumah dulu....yihaaa..
Have a great day ^_^




0 Response to "CARROT MUFFIN"

Post a Comment

wdcfawqafwef