YANG LAGI NGE-HITS....BOLU JERMAN VERSI PANDAN



Bismillah

Yang lagi ngehits...yang lagi kekinian...bolu jerman !! Saya jarang sekali buka-buka FB, bahkan FB di hape juga sering off, jadi saya juga jarang banget buka-buka grup FB. Gak heran kalau sekarang ini saya jadi "gak gaul" tentang yang lagi ngetrend di grup hehehe. Pas buka FB dan grup...whuiiih...ternyata lagi pada demam bolu jerman ya. Baru ini saya dengar tau kalau ada bolu namanya bolu jerman. Saya mah ketinggalan jaman banget deh ya huhuhu.

Aslinya di Jerman sono, gak ada yang namanya bolu jerman. Entah kenapa kok bolu ini dinamakan bolu Jerman. Sebenarnya ini adalah cake biasa yang proses pembuatannya menggunakan all in one method, yaitu semua bahan dikocok bersama kecuali butter / margarin cair. Resep bolu jerman ini mirip dengan resep cake pandan yang dulu pernah saya posting, hanya beda takarannya saja. Silahkan bisa dilihat disini ya.

Berdasarkan testimoni teman-teman yang sudah membuat bolu jerman ini, rata-rata bilang kalau enak banget, teksturnya halus dan lembut mirip chiffon cake. Penasaran donk kaya gimana, jadi saya juga harus ikutan bikin hihihi. Saya buat yang versi pandan karena memang hobby banget dengan aroma-aroma pandan.  Mohon maaf saya tidak tahu siapa yang pertama kali mempopulerkan resep ini di grup, karena ya itu tadi...jarang buka FB huhuhu. Buat pemilik resep aslinya...hatur nuhun buat resepnya ya...semoga tambah barokah sudah sharing resep ini. Aamiin.




BOLU JERMAN PANDAN

Bahan :
6 kuning telur
3 putih telur
100 gr gula pasir
1/2 sdt emulsifier
60 gr tepung terigu
30 gr maizena
30 gr susu bubuk full cream
2 sdm susu cair (aslinya pakai air)
100 gr butter / margarin, lelehkan
1 sdt pasta pandan

Cara Membuat :
1. Panaskan oven 170' C, siapkan loyang (saya pakai loyang tulban 22 cm), oles margarin dan taburi dengan tepung terigu. Sisihkan.
2. Kocok bersama-sama kuning telur, putih telur, gula pasir, emulsifier, susu cair, tepung terigu, maizena dan susu bubuk. Kocok hingga mengembang dan kental. Matikan mixer.
3. Masukkan butter leleh dan pasta pandan sedikit demi sedikit sambil diaduk balik hingga tercampur rata. 
4. Tuang ke dalam loyang kemudian ketuk-ketuk loyang atau hentakkan perlahan untuk mengurangi udara yang ada dalam adonan.
5. Panggang selama kurang lebih 30-40 menit hingga matang. Keluarkan dari loyang dan dinginkan.




Teksturnya memang lembut banget tapi menurut saya belum "ringan" seperti chiffon cake. Atau punya saya yang salah ya hihihi. Untuk yang menghindari pemakaian emulsifier, bisa dicoba dengan menambahkan kuning telur ya, karena kuning telur adalah emulsifier alami. Next time in shaa Allah pengen bikin lagi.

Udah gak penasaran lagi karena udah ngerasain bikin yang lagi nge-hits hahaha. Alhamdulillah nikmat banget untuk teman nge-teh di sore hari. Selain versi pandan, bisa dicoba juga bikin yang vanilla, mocca, coklat, green tea, jeruk atau bahkan versi red velvet-nya. Asyik kan, dari 1 resep bisa divariasikan menjadi berbagai macam rasa. 

Semoga bermanfaat...Happy Baking ^^

0 Response to "YANG LAGI NGE-HITS....BOLU JERMAN VERSI PANDAN"

Post a Comment

wdcfawqafwef