CHICKEN STEAK



Bismillahirrohmanirrohim

Chicken steak adalah salah satu menu favorit anak-anak saya. Setiap saya membuat chicken steak, mereka selalu lahap maemnya, tak heran kalau chicken steak termasuk sering saya buat. Herannya walau sering menikmati chicken steak ala-ala buatan Bundanya, kok ya mereka gak bosen-bosen ya hihihi. Kenapa saya sebut chicken steak ala-ala alias versi KW, ya karena chicken steak ini dibuat suka-suka saya aja. Mungkin berbeda dengan chicken steak yang dijual di resto-resto itu. Buatan saya lebih simpel dan penampilannya kurang menarik yaa. Tapi gak apa deh, yang penting anak-anak doyan ^^

Untuk pelengkap chicken steak, saya paling suka membuat saus jamur lada hitam seperti yang pernah saya buat untuk pelengkap steak tempe. Silahkan bisa dilihat disini ya. Kali ini saya membuat saus lada hitam saja karena tidak ada stok jamur di rumah. Pelengkap lainnya, biasanya saya membuat french fries alias kentang goreng dan mix vegetable yang terdiri dari buncis, wortel dan jagung manis. Kali ini cukup wortel dan buncis saja yang dipotong memanjang. Silahkan disesuaikan dengan selera aja ya.

CHICKEN STEAK 

Bahan :
300 gr fillet dada ayam, iris tipis melebar
1 sdt air jeruk nipis
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
minyak goreng secukupnya

Tepung Bumbu Pelapis :
300 gr tepung terigu
1 sdm tepung sagu
1/2 sdt soda kue
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1/4 sdt pala bubuk

Bahan Pencelup :
1 putih telur
250 ml air
1/2 - 1 sdt garam

Cara Membuat :
1. Iris tipis melebar fillet dada ayam, pukul-pukul perlahan agar lebih lunak kemudian lumuri air jeruk nipis dan beri garam serta merica bubuk. Diamkan dalam lemari es hingga bumbu meresap (biasanya saya diamkan hingga 2 jam, boleh juga antara 30 menit - 1 jam).
2. Campur semua bahan tepung bumbu pelapis. Sisihkan.
3. Kocok lepas putih telur, tambahkan garam dan air. Aduk rata.
4. Ambil potongan fillet ayam, gulingkan pada bumbu pelapis, celupkan ke bahan pencelup dan gulingkan kembali pada bumbu pelapis hingga rata. Padatkan hingga tepung melekat dengan baik dan cubit-cubit  dengan ujung jari untuk menimbulkan efek kriwil saat digoreng. Boleh disimpan lagi sebentar di dalam lemari es agar tepung menempel atau langsung digoreng juga oke.
5. Panaskan minyak, goreng fillet ayam hingga kecoklatan dan kering.
6. Angkat dan tiriskan.

SAUS LADA HITAM

Bahan :
1/2 butir bawang bombay, cincang halus
2 siung bawang putih, memarkan dan cincang halus
300 ml air kaldu
1 sdm kecap manis
2 sdm saus tomat
1 sdm kecap inggris
2 sdm saus tiram
1 sdt garam
1/4 sdt lada hitam butiran, haluskan
1 sdt gula pasir
1 sdm maizena, larutkan dengan sedikit air
2 sdm minyak untuk menumis

Cara Membuat :
1. Panaskan minyak, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga layu dan harum.
2. Masukkan kecap manis, saus tomat, saus tiram dan kecap inggris. Aduk hingga rata. 
3. Tuang air kaldu sedikit demi sedikit sambil diaduk rata. 
4. Bumbui dengan garam, gula pasir dan lada hitam. Masak hingga mendidih.
5. Tuang larutan maizena sedikit demi sedikit hingga kekentalan yang diinginkan. Koreksi rasa hingga sesuai selera.
6. Matikan api, siap digunakan.








Naaah...biar cuma chicken steak versi KW, tapi selalu ada kepuasan tersendiri kalau keluarga menyukai apa yang sudah kita buat. Jadi...cobain bikin yuuuk. 

Happy Cooking ^^

0 Response to "CHICKEN STEAK"

Post a Comment

wdcfawqafwef