KUE CANTIK MANIS



Bismillahirrohmanirrohim

Kue cantik manis adalah salah satu jajanan favorit saya sejak kecil dulu. Terbuat dari tepung hungkwe dan sagu mutiara dengan rasa manis dan tekstur yang kenyal. Sepertinya di berbagai daerah, namanya juga beda-beda ya, ada yang menyebutnya kue mutiara atau bahkan puding sagu mutiara. Biasanya kue cantik manis ini dibentuk memanjang dan dibungkus plastik. Warnanya pun bermacam-macam, ada yang putih, pink atau bahkan hijau. 

Saya bikin kue cantik manis ini udah lama juga sih sebenarnya, hampir 2 minggu yang lalu. Waktu itu bayangin aja, buka puasa dengan takjil kue yang manis ini, pasti enaak. Nah karena saya sama sekali tidak ahli dalam hal bungkus membungkus, jadi kue cantik manis ini saya buat dalam cetakan bolu sakura aja hihihi. Kalau nekat dibungkus plastik, ntar pasti bentuknya gak karuan euy. Kue cantik manis yang saya buat ini, sengaja tidak terlalu manis, karena saya akan menghidangkan dengan siraman saus santan dan sirup cocopandan. Jadi tingkat kemanisan silahkan disesuaikan dengan selera aja ya.







KUE CANTIK MANIS

Bahan :
850 ml santan
140 gr gula pasir
1 bungkus (95 gr) tepung hungkwe
150 gr sagu mutirara, rebus dalam air mendidih dan tiriskan
1/2 sdt garam
2 helai daun pandan, simpulkan.

Cara Membuat :
1. Campur santan, gula pasir, tepung hungkwe dan garam. Aduk hingga rata hingga gula dan tepung hungkwe larut.
2. Tambahkan daun pandan dan masak di atas api kecil sambil diaduk-aduk hingga mendidih.
3. Masukkan sagu mutiara, masak hingga mendidih kembali. Matikan api.
4. Tuang ke cetakan yang sudah dibasahi air, biarkan hingga mengeras dan dinginkan di kulkas.
5. Sajikan dengan saus santan dan sirup cocopandan bila suka

Bahan Saus Santan :
200 ml santan
1/4 sdt garam
2 sdt maizena, larutkan dengan sedikit air
1 helai daun pandan, simpulkan

Cara Membuat Saus Santan :
1. Masak santan, garam dan daun pandan sambil diaduk hingga mendidih.
2. Kentalkan dengan larutan maizena, aduk hingga mengental dan meletup-letup kembali.
3. Siap digunakan.

Kue cantik manis buatan saya ini pucat ya warnanya, sepertinya pengaruh santan yang saya pakai. Gak heran kalau fotonya pun juga gak ada bagus-bagusnya sama sekali hehehe.

Selamat menunaikan ibadah di bulan Ramadhan ya. In shaa Allah...diberi kemudahan dan kelancaran selama beribadah. Aamiin Ya Rabb

Selamat mencoba...semoga bermanfaat ^^

0 Response to "KUE CANTIK MANIS"

Post a Comment

wdcfawqafwef