ONDE-ONDE KENTANG



Bismillahirrohmanirrohim

Pertama kalinya nih saya bikin onde-onde. Hellooow kemana aja bund kok selama ini gak pernah bikin onde-onde? Saya jelas doyan lah ama onde-onde, tapi bukan berarti hobby banget makan onde-onde. Kalau lagi pengen saya suka beli yang dekat rumah saya, enak deh dan pastinya tanpa ribet hehehe. Sebenarnya saya lebih suka makan onde-onde mini, makannya sekali hap aja. Makanya ini diniatin bener lho bikin onde-onde sendiri karena penasaran kok saya ini belum pernah bikinnya hihihi. Bikinnya juga jelas bukan yang mini karena gak bakal telaten >_< Malah kalau bisa sih bikin onde-onde raksasa aja biar cepat selesai heuheuheu. Jangan dicontoh ya, saya memang gitu deh, gak telaten. Saya bikin onde-onde kentang ini dibantuin anak-anak, kebayang kan gimana hebohnya suasana dapur saya. Berasa penuh banget dengan wijen karena ada wijen dimana-mana hahahah. Tapi seruuuu banget.

Biasanya onde-onde dibuat dari campuran tepung ketan dan tepung beras sedangkan kali ini saya bikin onde-onde kentang. Resepnya nyontek punya mbak cantik Tati Widharti di IG. Onde-onde kentang ini teksturnya jadi lebih lembut di dalam sedangkan luarnya tetap crunchy karena memakai tepung beras. Enak deh jadinya, apalagi kalau masih hangat, kerasa banget kres-kres gitu.




ONDE-ONDE KENTANG

Bahan Kulit :
250 gr tepung ketan
35 gr tepung beras
50 gr kentang, kukus dan haluskan
125 gr gula pasir
1/4 sdt vanilli
1/2 sdt garam
200 ml air
100 gr wijen putih
minyak goreng secukupnya

Bahan Isian :
100 gr kacang hijau kupas, rendam 1 jam
60 gr gula pasir
1 helai daun pandan, simpulkan
100 ml santan
1/4 sdt garam

Cara Membuat Kulit :
1. Campur kentang, tepung ketan, tepung beras, gula pasir, vanilli dan garam. Aduk hingga rata.
2. Panaskan air, cukup hingga panas saja, tidak usah sampai mendidih.
3. Tuang air panas ke dalam adonan tepung sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga adonan bisa dipulung. Saya pakai sekitar 150 ml saja, jadi disesuaikan kondisi bahan kering ya, tambahkan bila adonan masih kering dan hentikan penambahan air bila adonan dirasa sudah kalis.
4. Buat bulatan-bulatan kecil, saya timbang @25 gr. Sisihkan.

Cara Membuat Isian :
1. Kukus kacang hijau selama kurang lebih 20 menit. Angkat dan haluskan.
2. Tambahkan gula pasir, daun pandan, garam dan santan. Masak sambil diaduk hingga kalis. Angkat dan dinginkan.
3. Bulat-bulatkan adonan isi, saya timbang @10 gr. Siap digunakan.

Penyelesaian :
1. Pipihkan adonan kulit kemudian buat cekungan dan beri isian. Tutup rapat dan bulatkan kembali.
2. Celupkan ke dalam air dingin kemudian gulingkan ke wijen. Kepal-kepal perlahan supaya wijen menembel dan membentuk bulat. Lakukan hingga habis.
3. Panaskan minyak, goreng onde-onde dengan api kecil hingga mengapung dan berwarna kuning kecoklatan.
4. Angkat dan tiriskan.

Notes :
- Kulit onde-onde jangan dibuat terlalu tebal ya, agar ketika digoreng bisa matang sempurna.
- Panaskan minyak yang cukup banyak kemudian kecilkan apinya baru onde-onde dimasukkan. 

Untuk variasi, kulit onde-onde bisa diberi pasta atau perisa sesuai selera. Onde-onde pandan atau green tea yang berwarna hijau kan cantik juga tuh ya. Variasi lainnya bisa memakai campuran wijen hitam dan putih. Bisa cakep dan unik deh hasilnya.

Selamat mencoba...semoga bermanfaat ya ^^

0 Response to "ONDE-ONDE KENTANG"

Post a Comment

wdcfawqafwef