SAGU KEJU - COOKIES TERFAVORIT




Bismillahirrohmanirrohim

Welcome August...it's gonna be my busy month !! Semoga masih bisa tetap rajin update blog ya, walau mungkin selama 2 bulan ke depan bakalan berkurang frekunsi nge-blognya. In shaa Allah tetap berusaha untuk tetap diupdate. Kali ini masih postingan lama, masih tentang cookies Lebaran euy hehehe. Padahal Lebarannya juga udah lewat lama yaa...sekarang kalau gak salah udah hari ke 16 di bulan Syawal. Tapi gak apa-apa yaa...siapa tau ada juga yang pengen bikin sagu keju walau Lebarannya udah lewat hehehe.

Yuups...sagu keju alias sake adalah cookies terfavorit saya. Kalau disuruh milih diantara beragam cookies yang enak-enak misalnya nastar, kastengel, putsal, cheese ball atau chocochips, saya mending milih sake ini. Suka banget dengan teksturnya yang melted ketika dikunyah dan tentunya dengan kejunya. Padahal bikin sake ini bagi saya tuh ribet banget. Gimana gak ribet, kita harus menyangrai dulu tepung sagunya, belum lagi adonan sake ini bikin pegel-pegel waktu nyetaknya. Tapiiii...bagi saya itu semua terbayar lunas saat menikmati sake yang udah matang ini. 

Sebenarnya dulu saya pernah menyimpan resep sake yang konon untuk membuatnya anti pegel-pegel. Belum sempat dicobain juga, karena resepnya entah dicopas dimana ya heuheuehu, Lagian saya udah cocok banget dengan resep yang biasa saya gunakan ini. Jadi biarpun harus pegel-pegel dulu bikinnya, dibela-belain deh. Resepnya saya tuliskan lagi disini yaa




SAGU KEJU

Bahan :
125 gr butter
100 gr margarin
150 gr gula pasir halus
3 kuning telur
100 gr keju edam parut
50 gr keju cheddar parut
300 gr tepung sagu tani
3 helai daun pandan
50 gr maizena
50 gr tepung terigu protein sedang
2 sdm susu bubuk full cream

Cara Membuat :
1. Sangrai tepung sagu bersama daun pandan. Aduk-aduk hingga daun pandan kering dan layu serta tepung sagu terasa lebih ringan teksturnya. Angkat dan dinginkan.
2. Campur tepung sagu yang telah diayak dengan terigu, maizena dan susu bubuk. Aduk hingga rata, sisihkan.
3. Kocok butter, margarin dan gula hingga lembut. Masukkan telur satu persatu sambil terus dikocok hingga rata.
4. Masukkan keju edam dan keju cheddar parut, aduk hingga rata menggunakan spatula atau sendok kayu.
5. Masukkan campuran tepung, aduk hingga rata.
6. Masukkan adonan ke dalam piping bag yang telah diberi spuit. Spuitkan di atas loyang yang sudah dioles tipis margarin. Lakukan hingga adonan habis
7. Panggang dengan suhu 140'C hingga matang. Angkat dan dinginkan di atas cooling rack baru dimasukkan ke wadah kedap udara.

Notes :
- Tepung sagu disangrai terlebih dahulu untuk mengurangi kadar air dalam tepung sehingga cookies yang dihasilkan akan lebih renyah
- Pengocokan butter dan margarin yang terlalu lama akan mengakibatkan sagu keju meleber ketika dipanggang. Apabila terlalu sebentar pengocokannya, maka sagu kejunya akan kurang ngeprul. Trus berapa lama? Saya mah pake feeling aja hehehe, asal udah terlihat rata maka pengocokan saya hentikan.




Saking favoritnya dengan sake ini, saya biasanya selalu menyisihkan 1 toples untuk saya makan sendiri hahaha. Itu mah maruk ya namanya >_<

In shaa Allah...minggu depan dapurnya udah mulai normal lagi. Smoga sempat nyobain resep-resep baru lagi yaa.

Happy Baking ^^

0 Response to "SAGU KEJU - COOKIES TERFAVORIT"

Post a Comment

wdcfawqafwef