TRIPLE UPSIDE DOWN CAKE (LBT#17)



Alhamdulillah sampai juga di challenge LBT#17. Tema kali ini adalah Upside Down Cake alias cake yang disajikan dibalik. Maksudnya adalah bagian bawah cake yang sudah kita hias sedemikian rupa sebelum dioven ketika matang akan dijadikan bagian atas cake. So...setelah matang kita gak usah hias menghias lagi deh. Untuk dasar cake kita bisa menggunakan buah-buahan, kacang-kacangan ataupun biskuit. Rasanya pun juga tidak harus manis, tapi bisa juga yang gurih. Untuk base cake yang digunakan sebaiknya menggunakan buttercake karena resiko bantat atau gagal lebih kecil dibanding apabila kita menggunakan spongecake.

First of all, I have no idea 'bout this cake. Bahkan ketika teman-teman sudah mulai setor PR sejak tanggal 11 September lalu, aku masih belum menemukan resep yang sesuai dengan kemauanku. Disaat teman-teman sudah mulai upload hasil karyanya yang cantik-cantik, aku malah sibuk bikin klepon >.<
Pada dasarnya aku kurang suka dengan tekstur buttercake yang cenderung beremah, padat dan lebih mengenyangkan. Kecuali DFC ya...kalau itu aku suka banget hehehehe. Setelah browsing sana sini, akhirnya aku memutuskan memakai Butter Cheese Cake dari NCC. Resep asli bisa diklik disini. Karena di tempatku susah untuk mendapatkan cream cheese maka aku memakai homemade cream cheese alias cream cheese gadungan hehehe. Tetap pede aja kalau hasilnya tetap enak :)

Kunamakan Triple Upside Down Cake karena cake ini terdiri dari butter cheese cake sebagai base cake-nya dan oreo serta strawberry sebagai hiasannya.
Karena kalau kusebutkan semua judulnya jadi panjang banget, jadi kunamakan aja Triple Upside Down Cake. Maksa ya :D


TRIPLE UPSIDE DOWN CAKE

Bahan A:

200 gr butter (aku pakai 150 gr butter, 50 gr margarin)
175 gr cream cheese (aku pakai cream cheese homemade)
175 gr gula kastor (aku pakai 160 gr)
5 butir kuning telur
1/2 sdt kulit jeruk lemon (skip)

Bahan B:
225 gr tepung terigu protein sedang
11/2 sdt baking powder

Bahan C:
5 putih telur
1 sdt air jeruk lemon (aku pakai air jeruk nipis)

Bahan D:
Biskuit oreo secukupnya (buang krim-nya)
stawberry secukupnya, belah menjadi 2

Cara Membuat :
- Siapkan loyang bulat ukuran 22cm (aku pakai ukuran 20 cm dan masih ada sisa adonan). Poles margarin, alasi kertas roti dan poles tipis kembali. Panaskan oven 175'C.
- Tata oreo dan strawberry di dasar loyang sesuai selera. Sisihkan.
- Kocok butter dan cream cheese hingga mengembang dan pucat. Masukkan gula kastor sedikit demi sedikit sambil terus dikocok.
- Masukkan kuning telur sambil terus dikocok. Matikan mixer.
- Ayak bahan B ke dalam adonan, aduk balik hingga tercampur rata. Sisihkan.
- Dalam wadah terpisah, kocok bahan C hingga kaku lalu secara bertahap campurkan ke adonan kuning telur. Aduk balik hingga rata.
- Tuang ke dalam loyang kemudian oven hingga matang selama kurang lebih 45 menit (tergantung masing-masing oven ya). Lakukan test tusuk dan test sentuh.
- Setelah matang, balikkan loyang dan kelupas perlahan kertas rotinya.
- Dinginkan.

Deg-degan banget ketika balikinnya, takuuut aja kalo gagal. Begitu dibalik....taraaa...Alhamdulillah upside down cake-nya jadi ^_^. Teksturnya lebih lembut dibanding buttercake biasa, mungkin karena putih telur dikocok terpisah ya. Selain itu aku juga menggunakan butter pilihan yang biasa kupakai ketika membuat lapis surabaya. Haruuum banget deh.
Karena baru bikin selai strawberry homemade, aku suka banget makan cake ini dengan dioles selai stawberry. Anggap aja makan JCC ya ^_^



Tuh kan....seperti Japanese Cheese Cake aja kan kalau udah dikasih selai strawberry hihihih. Maksaaa. 



Nah ini dia homemade cream cheese alias cream cheese gadungan yang kubuat tadi. Untuk membuat 175 gr cream cheese sesuai resep, aku memakai 25 gr unsalted butter, 75 gr keju cheddar yang diparut halus dan 75 ml susu UHT plain. Semua bahan dicampurkan dan ditim dengan api kecil hingga larut seluruhnya serta keju juga menjadi lembut. Enak juga kok rasanya walau memakai cream cheese gadungan. Monggo dicobain juga yaaa...



Oreo dan strawberry yang ditata di dasar loyang sebelum dituang adonan.



Bahan-bahan triple upside down cake yang kupakai memanfaatkan yang ada di rumah aja. Karena baru sembuh dari sakit, jadi udah gak sempet lagi untuk belanja macam-macam.



Adek lagi disuapin sepotong triple upside down cake. Susaaah banget fotoinnya, jadinya burem gitu deh. Senangnya dia suka ama cake ini ^_^

Challenge #17 LBT selesai. Alhamdulillah dapat wawasan dan ilmu baru. Thanks Host dan teman-teman LBT. Sukses selalu buat LBT'ers. Hugs...

0 Response to "TRIPLE UPSIDE DOWN CAKE (LBT#17)"

Post a Comment

wdcfawqafwef